HEART BURN




💐HEART BURN💐

📌*Apa itu heartburn?*
Heartburn adh kondisi ketidaknyamanan dalam kehamilan dimana ibu hamil merasakan rasa panas di bagian ulu hati/dada ,paling sering dialami pada Trimester III.

📌*Mengapa Heartburn bisa terjadi?*
Kenaikan asam asam lambung akibat peningkatan hormon progesteron selama kehamilan

📌*Apa saja Gejalanya?*
👉Terdapat sensasi terbakar pada bagian dada
👉Rasa sakit tersebut terkadang menyebar hingga pada bagian dada
👉Kesulitan menelan makanan akibat rasa sakit yang timbul pada bagian dada akibatnya selera makan menjadi turun
👉Batuk kering yang bisa pula diikuti dengan suara serak
👉Rasa sakit pada bagian tenggorokan

💡*TIPS cara mengatasi Heartburn*
1) Hindari Pemicu Heartburn

Bagi yang ingin terhindar dari heatburn, akan lebih baik jika anda menghindari pemicu heartburn itu sendiri. Dalam hal ini, salah satu kebiasaan penting yang harus anda perhatikan adalah pola makan sehari-hari. Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu kondisi heartburn seperti makanan dengan bumbu yang tajam, makanan
pedas, makanan dengan kandungan lemak yang banyak, minuman dengan kandungan kafein serta mengandung bahaya soda bagi ibu hamil. Menghindari jenis makanan serta minuman tersebut, dapat meminimalisir resiko heartburn pada ibu hamil.

2) Hindari Berbaring Setelah Makan

kebiasaan berbaring setelah makan merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Berbaring setelah makan, dapat memicu asam lambung naik dengan cepat ke arah kerongkongan. Setelah kenyang makan, biasakan untuk duduk 2 hingga 3 jam setelah selesai menyantap makanan anda. Selain duduk, jeda yang bisa anda lakukan setelah makan adalah dengan berjalan-jalan kecil.

3) Makan Dengan Perlahan

Bagi ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan perlahan-lahan dan mengunyah makanan dengan benar. Pola makan yang dibiasakan secara terburu-buru, akan membuat kerja perut pada sistem pencernaan menjadi lebih berat. Hal ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami begah perut dan berakhir dengan keluhan akibat ketidaknyamanan pada perut ibu.

4) Makan sedikit tapi sering

Mengatasi heartburn yang selanjutnya adalah dengan membiasakan diri makan dengan porsi yang sedikit namun dilakukan secara sering. Pola makan yang demikian dianjurkan supaya mencegah perut kosong terlalu lama sehingga dapat membuat asam lambung dinetralisir. Selain itu, makan dengan porsi kecil namun sering setiap hari juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Dibandingkan dengan makan sebanyak 3 kali dalam sehari dalam jumlah yang besar, maka makan dengan intensitas 5 hingga 6 kali dalam sehari namun dengan ukuran yang kecil, menjadi pola makan yang dianggap lebih baik.

5) Hindari Penggunaan pakaian yang Ketat

Penggunaan kostum yang terlalu ketat akan terasa begitu menyiksa terlebih jika gejala heartburn tengah melanda. Bukan hanya itu, namun bagi ibu hamil tentu tidak disarankan menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat menyebabkan tekanan pada perut ibu hamil.

6. Segera Berbaring Jika Heartburn Mulai Terasa

Ketika gejala heartburn mulai terasa, akan lebih baik jika segera berbaring untuk meredakannya. Berbaringlah dengan posisi dada serta kepala berada lebih tinggi dibandingkan dengan bagian perut. Posisi berbaring ini dapat menghindarkan asam lambung naik menuju kerongkongan.

7) Mengunyah permen karet
Ketika keluhan heartburn pada ibu hamil datang, akan lebih baik jika mencoba tips meredakan hearburn dengan cara mengunyah permen karet. Permen karet dapat meningkatkan produksi saliva yang dapat menetralkan asam lambung yang terdapat di kerongkongan.

7. Konsumsi Obat Maag
Ketika gejala heartburn melanda, ibu hamil akan merasakan sakit yang berlebih terutama jika kondisi heartburn lebih parah. Jika sudah demikian, ibu hamil bisa mengonsumsi obat maag untuk menetralkan asam lambung. Yang perlu diingat adalah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter apakah obat maag bisa dikonsumsi atau tidak saat dalam masa kehamilan.

Semoga bermanfaat ya bunda 😊
Salam,


🙋Bidan Sintia - Ibu Alam

Our Gallery

Kumpulan foto kegiatan dan pelayanan "IBU ALAM SALATIGA"

Lomba bayi sehat 2022 (28 agustus 2022)

BABYBORN

BABY 2

BABY 1

Selengkapnya

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721