POSISI PERSALINAN TEGAK




==[TERNYATA POSISI PERSALINAN TEGAK/AKTIF LEBIH BAIK DARIPADA PERSALINAN BERBARING/PASIF]==

Mengapa posisi persalinan yang aktif dan tegak lebih baik daripada persalinan posisi pasif atau berbaring telentang (litotomi)? Berikut faktanya:
1. Efek gaya gravitasi bumi
Gaya gravitasi bumi ternyata membantu dan mampu memfasilitasi kontraksi rahim dan membuat gaya mendorong turun ke bawah. Dengan posisi tegak seperti berdiri, jongkok, atau berlutut, tubuh ibu bekerja secara harmonis dengan gaya gravitasi bumi.

2. Proses persalinan lebih cepat dan efisien
Selama persalinan, kepala bayi anda bergerak perlahan-lahan turun lebih dalam ke dalam kanal panggul dan itu membuat leher rahim melebar dan menipis. Dalam posisi ini, panggul anda berada dalam sudut terbaik bagi gaya gravitasi untuk membantu proses tersebut. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa hal ini mungkin membuat proses persalinan menjadi lebih pendek dan lebih efisien.

3. Rasa nyeri berkurang
Menjadi bebas bergerak dan dapat memilih posisi anda sendiri memiliki beberapa keuntungan lain juga. Ini akan memudahkan rahim anda melakukan tugasnya sehingga kontraksi cenderung cenderung kurang menyakitkan daripada jika anda berbaring. Kebebasan bergerak, kebebasan berekspresi suara, membantu untuk memodifikasi rasa sakit dan cenderung mengurangi kebutuhan menghilangkan rasa sakit dengan bantuan medis/obat-obatan.

4. Resiko distress janin berkurang
Melahirkan secara aktif membuat aliran darah yang lebih baik ke plasenta sehingga ketika andategak bernapas dalam-dalam, bayi anda menerima banyak oksigen dan resiko ''distress janin'' menjadi berkurang.

5. Lebih powerfull
Pada tahap kedua, ketika anda siap untuk melahirkan, memilih posisi berlutut, jongkok dengan didukung/disangga, atau berdiri akan membantu anda menggunakan energi anda dengan cara yang terbaik saat anda mengejan. Hal ini jauh lebih efektif dan kuat dengan bantuan gravitasi dan rotasi, dan turunnya kepala bayi lebih mudah.

6. Kontak kulit dengan kulit dan payudara menjadi lebih mudah
Setelah bayi lahir, anda dapat menikmati kesenangan memegang dia dalam lengan anda untuk pertama kalinya. Dengan duduk tegak, anda anda dapat memegang bayi anda kulit ke kulit dan posisi bayi anda dengan baik untuk kontak pertama dengan payudara.

7. Pendamping bisa lebih terlibat dalam proses persalinan
Pendamping bisa aktif terlibat dalam memberikan dukungan emosional dan fisik. Dan ini membuat pengalaman persalinan bisa sangat memuaskan dan mengesankan, dan merupakan awal yang baik untuk hubungan baru dengan orang tua dan awal keluarga baru anda.

8. Trauma persalinan menjadi minimal
Umumnya, bayi dilahirkan dalam kondisi optimal karena ikatan setelah lahir dan menyusu pertama difasilitasi dan ibu umumnya merasa baik dan pulih dengan baik setelah melahirkan.

Disadur dari : Hypnoterapi Indonesia
- Prita Yusita -
CBE & Doula AMANI

Our Gallery

Kumpulan foto kegiatan dan pelayanan "IBU ALAM SALATIGA"

Mamapito Birthing Dolls 4

Team ibu alam

Mamapito Birthing Dolls 14

Kelas laktasi (25 november 2022)

Selengkapnya

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721