Pemeriksaan Laboratorium




*_Pentingnya Pemeriksaan Laboratorium Kehamilan_*

Selama hamil, ibu hamil akan ditawari berbagai macam tes pemeriksaan kehamilan untuk mengecek dan menilai progres, memastikan kesejahteraan ibu dan bayi, serta melihat beberapa kondisi kesehatan tertentu. Inti dari tujuan serangkaian tes tersebut adalah mendukung kehamilan Bunda bisa berjalan dengan aman.

Salah satu pemeriksaan yang penting untuk dilakukan oleh ibu hamil adalah pemeriksaan laboratorium

*1.cek laboratorium darah*

Cek darah biasanya dilakukan pada pemeriksaan prenatal pertama. Cek darah mencakup pemeriksaan golongan dan rhesus darah, hemoglobin (hb), gula darah, serta skrining untuk hepatitis B, sifilis, dan HIV.

_Golongan darah dan rhesus darah_

Cek golongan darah dan rhesus darah ini perlu Bunda jalani. Tujuannya mengetahui golongan darah untuk mengantisipasi jika nanti Bunda membutuhkan donor darah. Selain itu, diperlukan untuk mengecek apakah rhesus darah Bunda negatif atau positif, dan apakah rhesus Bunda sama dengan Ayah.

Ibu hamil yang memiliki rhesus negatif mungkin perlu menjalani perawatan ekstra untuk mengurangi risiko penyakit rhesus. Ini karena ibu hamil dengan rhesus negatif dapat mengandung bayi yang memiliki rhesus positif bila si Ayah memiliki rhesus positif.

Yang dikhawatirkan adalah ketika darah bayi masuk ke aliran darah ibu selama kehamilan atau persalinan. Pada kondisi tersebut, Bunda akan memproduksi antibodi untuk melawan sel rhesus positif dari bayi. Kondisi ini biasanya tidak berdampak kepada kehamilan pertama, melainkan pada kehamilan kedua, yaitu ketika reaksi daya tahan tubuh Ibu terhadap rhesus positif akan lebih besar dan akan memproduksi antibodi yang jauh lebih banyak.

Antibodi ini akan menerobos plasenta dan menghancurkan sel darah janin, menyebabkan kondisi yang disebut penyakit rhesus atau penyakit hemolitik pada bayi baru lahir. Akibatnya, bayi dapat mengalami penyakit anemia dan/atau penyakit kuning (jaundice).

_Hemoglobin (hb)_

Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang ditemukan di dalam sel-sel darah merah. Hb memungkinkan sel untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru. Hb yang rendah adalah pertanda kepada kondisi anemia, yaitu kekurangan sel darah merah yang sehat.

_Gula darah_

Tes gula darah akan dilakukan kepada ibu hamil yang diduga memiliki risiko tinggi terkena diabetes. Selain tes gula darah, tes lainnya juga mungkin akan ditawarkan.

Ibu hamil bisa memiliki risiko terkena diabetes selama kehamilan (diabetes gestasional) yang lebih tinggi bila mengalami kelebihan berat badan (obesitas), memiliki riwayat diabetes pada kehamilan sebelumnya, atau memiliki keluarga yang mengidap diabetes.

_Skrining untuk hepatitis B, sifilis, dan HIV_

Tes ini direkomendasikan untuk melindungi kesehatan Bunda melalui pengobatan dan perawatan dini serta mengurangi risiko penularan kepada bayi, pasangan, atau anggota keluarga lainnya. Tes ini dilakukan saat usia kehamilan sekitar 2-3 bulan.

Bunda juga dapat meminta tes hepatitis B, sifilis, atau HIV kapan pun bila Bunda memiliki pasangan baru atau merasa berisiko tertular penyakit tersebut. Meski begitu, keputusan tetap di tangan Bunda apakah perlu menjalani semua tes atau cukup beberapa saja sesuai yang dibutuhkan.

*2. Tes Urine Antenatal*

Pada pemeriksaan antenatal, Bunda akan diminta untuk memberikan sampel urine. Tujuannya untuk memeriksa kandungannya, apakah terdapat kandungan protein atau albumin. Jika ya, artinya Bunda memiliki infeksi yang perlu diobati. Hal ini juga dapat menjadi tanda-tanda kepada preeklampsia.Preeklampsia dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk kejang. Jika tidak ditangani, berisiko mengancam keselamatan. Preeklampsia juga dapat berdampak kepada pertumbuhan dan kesehatan bayi. Jangan mengabaikan kondisi ini, walaupun wanita dengan preeklampsia biasanya merasa baik-baik saja.

Widi_@ibualam

Our Gallery

Kumpulan foto kegiatan dan pelayanan "IBU ALAM SALATIGA"

DAD

BABY 3

BABYBORN

Kelas ibu hamil (29 oktober 2022)

Selengkapnya

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721