ARTI TENDANGAN BABY




ARTI TENDANGAN BABY

PELAJARI POLANYA

Dulu, ahli medis mengungkapkan bahwa selama 2 jam janin akan menendang selama 10 kali. Tetapi pernyataan tersebut sekarang tidak bisa dipakai lagi. Jangan fokus pada jumlah tendangan selama sejam, melainkan pada pola tendangannya. Perlu diingat bahwa setiap janin memiliki pola tendangan yang berbeda sehingga Moms tidak perlu membandingkan dengan ibu hamil lainnya. Hanya saja, bila terjadi perubahan pada pola tendangan janin, Moms segera berkonsultasi kepada dokter kandungan.

WAKTU BANGUN DAN BERMAIN

Di minggu ke-20, hasil USG akan menunjukkan letak plasenta anda. Jika plasenta berada dibagian depan depan perut, maka anda akan lebih sedikit merasakan tendangan di sana. Moms akan cenderung akan merasakan tendangan Si Kecil di bagian samping atau bawah perut.

Sementara di minggu ke-32, Anda mulai bisa mempelajari pola tidur Si Kecil melalui tendangannya. Bila Anda tidur dan tiba-tiba merasa Si Kecil menendang-nendang perut Anda, berarti itu ia bangun dan mulai aktif.

Selain itu, si kecil juga akan menendang-nendang ketika mendengar lagu yang disukai atau mendengar suara yang ia kenali.

ALARAM UNTUK ANDA

Ketika sudah mempelajari pola tendangan Si Kecil, Moms juga bisa memahami kondisi kesehatannya. Jika Anda menganggap pola tendangan Si Kecil tidak seperti biasanya, menendang-nendang lebih sedikit ataupun lebih lemah, ada baiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. Banyak penyebab mengapa si kecil jarang menendang, salah satunya bisa karena stres yang Moms alami. Di sisi lain, janin akan lebih aktif menendang setelah anda makan, melakukan hubungan seks serta minum kopi.tetapi jika lebih aktif dari b iasanya tanpa sebab, anda pun perlu berkonsultasi kepada dokter kandungan.

BONDING BERSAMA SUAMI

Jadikan momen tendangan si kecil sebagai waktu bonding antara anda, dirinya dan suami. Segera panggil suami dan ajak sentuh daerah perut tempat si kecil menendan, supaya ia benar-benar merasakan kehadirannya. Minta Dads untuk mengobrol dengan si kecil sambil mengusap-usap perut anda. Dengan demikian, si kecil akan mengenali suara ayahnya dan merespon dengan tendangannya.

 

TIPSagar si kecil aktif menendang

Ada 3 cara yang bisa Moms lakukan :

1.          Minum air dingin. Sensasi dingin dari air akan membangunkan si kecil. Tekanan pada kandung kemih juga akan membuat anda lebih mudah merasakan tendangan darinya.

2.          Pijat perut secara lembut. Anda bisa minta suami untuk mengerjakannya. Diusia kandungan 28 minggu. Si kecil akan bereaksi terhadap sentuhan yang diterima dari luar perut dan mulai menendang-nendang.

3.          Berendam air hangat. Anda lebih mudah merasakan gerakan si kecil dalam air.

 

Sumber : Mother & Baby Desember 2017

Yuk semangati si kecil bun J

~Salam Sehat~

J Rika_ibu alam J

 

 

Our Gallery

Kumpulan foto kegiatan dan pelayanan "IBU ALAM SALATIGA"

Mamapito Birthing Dolls 5

2

BABY 2

Kelas Ramadhan 2

Selengkapnya

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721