PICKY EATER




TRIK MENGATASI SI KECIL YANG PICKY EATER

1.        Perkenalkan secara perlahan

Moms harus saabar memperkenalkan makanan baru pada si kecil. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), butuh 10 hingga 15 kali memperkenalkan makanan baru pada di kecil sampai ia menyukainya.

2.       Kenalkan melalui cerita atau edukasi

Menurut dr.Zuhrah, cara ini bisa menstimulasi anak untuk menyukai makanan. Ceritakan karakter favsoritnya. Misalnya, melalui karakter dinosaurus pemakan tumbuhan, anak bisa ikut menyukai sayuran.

3.       Bervariasi dan bergizi seimbang

Biasakan si kecil untuk mengonsumsi bahan pangan yang bervariasi dan bergizi seimbang. Buat menu harian lengkap mengandung seluruh komponen zat gizi yqng dibutuhkan si kecil. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

4.       Berikan porsi tepat

Jika memberikan makanan baru pada anak, atur porsinya. Porsi makan anak adalah setengah dari porsi makan orang dewasa.

5.       Ciptakan “onebitedish”

Sebaggai anak lebih suka makan dalam porsi kecil namun sering. Buat makanan dengan kandungan gizi lengkap dalam porsi kecil. Ibaratnya, dalam ‘satu gigitan’, makanan tersebut sudah memenuhi gizi seimbang.

6.       Atur jadwal makan utama dan camilan

Jadwal makan yang teratur akan membantu menciptakan sensasi lapar dan kenyang pada anak. Berikan menu utama pada jadwal makan utama, bukan untuk camilan. Menurut dr. Zuhrah, disiplin dan konsisten dalam penerapan jadwal pemberian makan ini menjadi kunci sukses dalam mempertahankan nafsu makan anak.

7.       Ajak si kecil menyiapkan makanan

Biarkan si kecil meembantuanda menyiapkan makan siang, malam dan kudapannya sendiri. Ajak pula si kecil berkreasi mengolah makanannya. Sebuah penelitian menunjukkan, anak yang ikut menyiapkan makanannya akan memiliki sikap positif pada makanan dan akan memakan makanan yang mereka siapkan.

8.       Menjadi role model

Si kecil adalah peniru handal. Kebiasaan makan orang tua akan berpengaruh pada kebiasaan anak. Jika anda makan sayur, pasti ia juga akan makan sayur.

9.       Ajarkan untuk fokus

Jangan berikan tontonan, mainan dan buku saat si kecil makan. Waktu makan adalah untuk makan.

10.   Batasi waktu makan

Berikan si kecil waktu 30 menit untuk makan. Membiarkan si kecil makan terlalu lama tidak akan membantunya menghabiskan makanan.

 

Sumber : majalah Motherand Baby januari 2018

“ANAK YANG IKUT MENYIAPKAN MAKANANNYA AKAN MEMILIKI SIKAP POSITIF PADA MAKANAN”

Salam sehat

Rika_Ibu Alam 

Our Gallery

Kumpulan foto kegiatan dan pelayanan "IBU ALAM SALATIGA"

Lomba bayi sehat 2022 (28 agustus 2022)

Kelas ibu hamil (29 oktober 2022)

Mamapito Birthing Dolls 11

Lomba bayi sehat 2022 (28 agustus 2022)

Selengkapnya

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721