Bagi tugas yuk, Moms!




Bagi tugas yuk, Moms!

Urusan mengasuh anak tentu bukan hanya tugas ibu seorang, melainkan sebuah kerja tim orang tua. Karena itu, Moms dan Dads harus bisa berbagi tugas. Biasakanlah untuk berbagi tugas yang jelas dan rasional bersama suami dalam urusan menjaga si kecil.Moms bisa memulainya dengan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

SAMAKAN PERSEPSI

Untuk memulai hal apapunyang dikerjakan secara tim, menyamakan persepsi adalah sebuah keharusan. Lakukan diskusi dengan suami untuk mencapai kesepakatan mengenai visi dan misi pola pengasuh di keluarga. Pertimbangkan kondisi anda yang bekerja saat membuat kesepakatan.

BERBAGI BEBAN

Mulailah membuat daftar pembagian tugas yang jelas dengan suami. Pembagian tugas harus berdasarkan pertimbangan yang adil dan rasional. Tidak ada salahnya berbagi pekerjaan rumah tangga dengan suami. Anda dan suami harus bersikap fleksibel. Hindari terpaku pada kebiasaan konservatif yang berlaku umum dimasyarakat. Selama masih berjalan baik dan memberikan banyak manfaat, tentu saja anda bisa melakukan perubahan. Bicarakan secara jujur dan terbuka saat pembagian tugas rumah tangga. Misalnya, menemani anak belajar, mengasuh anak, berbelanja kebutuhan rumah tangga dan lainnya.

KOMUNIKASI YANG BAIK

Jika semua rencana sudah tersusun rapi, pastikan komunikasi dengan suami berjalan lancar. Komunikasi dua arah yang sehat sangat diperlukan untuk membentuk sebuah goodteamwork. Tak kalah pentingnya, biasakan melakukan semua hal dengan saling terbuka dan jujur.

SALING PERCAYA

Kadang kala masalah yang sering terjadi adalah ketidakpercayaan. Anda tidak mungkin berbagi tugas dengan suami jika anda tidak percaya pada kemampuan suami mengurus rumah atau anak. Buang jauh-jauh perasaan itu dan berikan kepercayaan pada suami sepenuhnya. Memang diperlukan sedikit penyesuaian pada awalnya. Namun yakinilah suami tercinta pasti akan beradaptasi ketika keadaan mengharuskannya.

SALING MENGHARGAI

Sikap saling menghargai adalah kunci terpenting lainnya dalam menentukan sukses atau tidaknya kerja tim anda dengan suami. Anda bisa menunjukkan penghargaan anda dengan memberikan pujian atau hadiah kecil atas dukungan pasangan anda. Puji-pujian anda bisa membuat pasangan merasa kerja kerasnya lebih dihargai.

Sumber : Majalah Motherand Baby februari 2018

Pembagian tugas harus berdasarkan pertimbangan yang adil dan rasional ya Moms😘😊

Salam sehat

Rika_Ibu Alam

Our Gallery

Kumpulan foto kegiatan dan pelayanan "IBU ALAM SALATIGA"

Mamapito Birthing Dolls 10

Mamapito Birthing Dolls 5

BABY 1

BABY 2

Selengkapnya

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721