DETEKSI AWAL PNEUMONIA




DETEKSI AWAL PNEUMONIA DENGAN HITUNG NAPAS

Menurut Ikatan Dokter Indonesia (IDAI), pneumonia atau radang paru akut masih menjadi penyakit infeksi paling mematikan bagi anak usia di bawah 5 tahun. Setiap 20 detik, satu dari enam anak meninggal karena pneumonia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia juga memikirkan sekitar 800.000 anak di Indonesia telah terinfeksi pneumonia.

Pneumonia bisa di deteksi dengan menghitung napas si kecil. Letakkan tangan anda pada dada si kecil, lalu hitung gerak napasnya dalam satu menit. Batas napas cepat bagi anak usia kurang dari dua bulan adalah 60 kali per menit, 50 kali per menit bagi anak usia 2 hingga 11 bulan dan 40 kali per menit bagi anak berusia 1 hingga 5 tahun.

Selain kecepatan gerak napas si kecil, deteksi juga dapat dilakukan dengan melihat gerakan tubuhnya ketika bernapas. Bila napas anak cepat disertai tarikab napas yang dalam, maupun anggukan kepala serta kebiruan pada bibir, maka ia memiliki kondisi sesak napas yang dapat mengindikasikan infeksi pneumonia.

Sumber : Majalah Motherand Baby Februari 2018

Salam Sehat

Rika_Ibu Alam

Our Gallery

Kumpulan foto kegiatan dan pelayanan "IBU ALAM SALATIGA"

Kelas ibu hamil (29 oktober 2022)

BABYBORN

1

Mamapito Birthing Dolls 9

Selengkapnya

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721