PIJAT BEKAS LUKA SC




Ibu-ibu, Masya Allah, luar biasa antusias para ibu merespon postingan beberapa waktu lalu. Campur aduk rasanya. Paling seneng sama yang ngacung VBAC, VBA2C apalagi yang VBA3C, bahkan ada yaaa yang 2VBAC, 2VBA2C dan yang paling mantep 3VBA2C. Wow, berarti udah 3x melahirkan pervaginam setelah 2x SC itu yaaa... Masya Allah. Semoga Allah balas kebaikan ibu-ibu semua yang sudah mau berbagi pengalaman dan semoga teruuuus yaaaa mau berbagi. Jujur, tidak semua komentar sempat dikomentari. Dengan saling berbaginya para ibu yang sudah VBAC saaangat membantu sekali, dan jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang ada saaangat berharga sekali. Terima kasih yaaaa.... 

Spesial untuk para Ibu yang berencana VBAC rajin-rajin baca-baca yaaa.. Insya Allah, dari sini lah usaha itu dimulai. Mem-ba-ca. Abis membaca, meng-a-mal-kan. 

Di antara bacaan yang ada itu kadang ada yang cocok banget sama keadaan kita lho. Bener gak? Kayak yang satu ini. Celekit-celekit di bekas sc. Pernah ngalamin kan? Hanya yang pernah SC yang tahu. Dan yang bikin parno kalau udah hamil besar. Apa-apa ga ya... 

Yuk.. kita simak tulisan yang diambil dari tulisan Mba Athiah Listyowati tentang pijat bekas luka SC. Haaa? Bekas sc dipijat? Tambah bikin parno aja. Horor euy... Baca duluuu, baaaru tau! 

*

Pijat Bekas Luka Pasca Caesar : Why and How ?
 
Makkk~ ada yang pernah melahirkan lewat operasi caesar (SC) ?
Aku melahirkan anak pertamaku via SC pada bulan Februari 2014 lalu. Meskipun sudah hampir dua tahun, tapi sesekali masih suka 'celekit-celekit' di area bekas SC, apakah luka Mamak sekalian juga begitu?

Katanya Mak, luka pasca SC memang bakal sesekali kerasa bahkan sampai beberapa tahun setelah operasi dilakukan. Ya, gimana ya, operasi ini kan memang termasuk operasi besar, ada banyak sekali bagian tubuh yang berada di sekitar rahim yang dibuka, mulai dari panggul, usus, kandung kemih, juga lambung. Dan risiko komplikasinya juga banyak sekali.

Masih ingat ga Mak saran dokter pasca operasi kemarin? Aku sendiri ga diberi saran special kecuali obat untuk antinyeri, vitamin untuk mempercepat kesembuhan dan obat salep untuk dioles. Tidak ada saran untuk tidak membawa barang berat terlebih dahulu, memakai belly bandit, apalagi memijat bekas luka pasca operasi ketika lukanya sudah sembuh. 

Syukur alhamdulillah lukaku sembuh dalam kurun waktu tidak begitu lama Mak, dalam seminggu pasca SC aku sudah berani gendong anakku *meski sebentar, luka menutup sempurna dan bisa lepas perban segera. Lalu, bagaimana awalnya aku mengetahui ternyata memijat bekas luka SC sangatlah penting? Hihihi, karena setahun setelah operasi, aku hamil lagi Mak. Yap, sekarang usia kandunganku memasuki minggu ke 35. Semenjak aku tahu kalau sedang hamil lagi, aku masuk ke sebuah group yang bertujuan untuk support para ibu yang ingin melahirkan normal setelah sebelumnya SC, aka VBAC (Vaginal Birth After Caesarean). Salah satu tips agar bisa optimal dalam ikhtiar tersebut adalah C-Scar Massage, alias memijat luka bekas SC.

Why. Kenapa Siy Harus Dipijat?

Sehabis operasi, luka kita akan sembuh Mak, namun demikian ada kalanya -karena saking banyaknya bagian tubuh yang 'dilukai', selama masa penyembuhan itu terjadi pelengketan yang tidak semestinya. Pelengketan terjadi antara satu luka dengan luka lain yang tidak menempel sempurna sesuai lokasi seharusnya. Hal inilah yang mengakibatkan keluhan berupa nyeri di sekitar bekas luka operasi. Berbahayanya yang saling lengket tidak sempurna itu bisa berupa organ dalam seperti usus, ovarium, rahim dan kantung kemih. Untuk membuat mereka kembali ke posisi semula, maka kita perlu membantu dengan memijatnya. Risiko perlengketan ini semakin meningkat seiring dengan banyaknya operasi SC yang dilakukan seorang wanita. 

How to massage?

Pastikan Luka Sudah Sembuh. Pertama-tama kita harus memastikan bahwa luka sudah kering, biasanya berlangsung 6-8 minggu pasca operasi. Semakin cepat dilakukan pijatan setelah lukanya benar-benar sembuh, maka itu semakin baik. Namun demikian, tidak ada kata terlambat untuk memulai pijatan bahkan ketika ternyata anak kita sudah ga bayi lagi, hehe

Pijat Bagian Kulit Terluar. Lebih tepatnya sebenarnya sentuh dengan lembut ya Mak. Bukan kayak pijat di lokasi lain yang ga luka *hororbangetsiLilis. Kalau masih kerasa nyeri, bisa mulai dari kulit di bagian atas dan bawah bekas operasi. Pelan-pelan disentuh sambil dirasakan arah otot-ototnya, kalau ada yang kaku, pijat lembut kurleb 60-90 detik. Its okey untuk merasakan ada nyeri karena memang dia lama ga digerakkan, dengan semakin sering kita pijit, insyaAllah nyeri tersebut bisa berkurang. Gerakannya bisa naik turun, kiri-kanan dan memutar ya Mak. 

Pijat Bagian Otot di Bawah Kulit. Setelah luka terasa lebih bisa mentolerir sentuhan, cobalah untuk menekan bagian perut di sekitar luka dengan lebih dalam. Rasakan apakah ada otot-otot yang kaku, jika ada, berikan sedikit tekanan untuk melemaskan otot-otot yang kaku tersebut. Gerakannya sama seperti di step sebelumnya, bahkan jika bekas lukanya sudah mulai bisa diajak kompromi, ia pun bisa dipijat.

Ingat selalu bahwa kita tidak memaksa otot-otot untuk segera rileks, melainkan memijat lembut saja dengan tekanan seperlunya. 

Pijat Bagian Dalam. Di bawah dua layer sebelumnya terletak kantung kemih dan rahim. Untuk membantu organ-organ tersebut benar-benar tepat lokasinya dan tidak ada perlengketan pada saat proses penyembuhan luka, kita bisa mengecek dengan menekan jari kita di sekitar panggul lebih dalam. Lebih efektif jika dengan berbaring. Pastikan oot-otot yang lebih dalam mampu bergerak fleksibel untuk meyakinkan proses ini berlangsung dengan baik.

Sangat penting untuk melakukan step ini karena step inilah yang diyakini mengurangi risiko low back pain, dan frekuensi berkemih yang abnormal di masa-masa mendatang. 

Sampai kapan kita harus melakukan pijat ini?
Sampai ketiga layer tadi membentuk otot-otot yang lebih elastis *mampu mengikuti setiap arah gerakan yang kita inginkan tanpa ada 'penolakan' berarti. Bahkan diusahakan untuk mengecek minimal 2-4 minggu sekali selama 1-2 tahun pertama setelah operasi berlangsung. 

Alhamdulillah saya juga baru mulai Mak, taunya kapan, ngelakuinnya kapan ya Mak *plaks
Bener-bener awalnya memang nyeri, Mak, apalagi di pojok-pojok luka. Tapi demi masa depan kesehatan yang lebih baik (apalagi sekarang juga masih muda *kabuur), ayoklah ini pijat memijat bekas operasi ditelatenin. Kalau aku sebagai awal ini pakai olive oil Mak, yang natural, bukan yang untuk spa or berpewangi. Sekali mijet 5-10 menit, alhamdulillah si keloid pun mulai melembut. Ga kayak sebelum-sebelumnya yang super kaku kayak sosis, apalagi kan perutku sudah mulai membesar. Hihihi. Jadi, ayo Mak yang mau mulai *pompomgirl . Sama sekali belum terlambat :)

Oiya, selain memijat bekas luka operasi, beberapa langkah berikut akan sangat mensupport kesehatan kita pasca SC Mak. Satu, pastikan untuk menjaga asupan high protein, semakin baik asupan kita, maka semakin cepat luka-luka itu akan sembuh. Kedua, hindari alkohol, rokok, dan gaya hidup buruk seperti makan sembarangan. Beberapa penyakit berat dan faktor usia akan memperlama proses healing luka. Ketiga, beberapa salem dipercaya mempercepat proses penyembuhan, silahkan digunakan selama sesuai dengan rekomendasi dokter ya Mak. Keempat, minta bantuan terapist jika diperlukan. Nah, sayangnya, aku belum pernah denger niy Mak, bidan or terapist or dokter yang memiliki keahlian ini, terutama di dalam negeri.

Selamat mencoba ya Mak, semoga sehat selalu :3

Sumber :
*http://www.pregnancy.org/article/massage-your-c-section-scar
*http://mommylivesclean.com/2014/11/20/why-you-should-massage-your-c-section-scar/
*http://www.makingmomstrong.com/the-importance-of-massaging-your-c-section-scar-after-it-has-healed/
*http://www.touchforbirth.com/blog/133-cesarean-scar-healing-massage.html
*http://www.drkapoormd.com/blog/wp-content/uploads/2014/04/shutterstock_109378880-1.jpg

*
Sumber : https://thesultonation.blogspot.co.id/2015/10/pijat-bekas-luka-pasca-caesar-why-and.html?m=1

Our Gallery

Kumpulan foto kegiatan dan pelayanan "IBU ALAM SALATIGA"

Kelas Ramadhan 1

DAD

Mamapito Birthing Dolls 11

Mamapito Birthing Dolls 13

Selengkapnya

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721