Perhatikan Posturmu, Ibu.





Adanya beban tambahan dalam tubuh, membuat center of gravity tubuh ibu berubah untuk mengkompensasi agar tetap seimbang. Namun hal ini dapat menyebabkan perubahan postur yang lama kelamaan akan menimbulkan ketidaknyamanan di beberapa titik pada tubuh ibu.

1. Ruas tulang leher akan lebih maju sehingga kemiringan semakin tajam, mengakibatkan beban yang harus ditanggung untuk menumpu kepala lebih besar. Lama kelamaan akan menyebabkan sakit leher.
.
2. Lengkung pinggang belakang akan semakin terbentuk, sehingga beban di bagian tersebut semakin besar sehingga menyebabkan sakit pinggang.
.
3. Perut jatuh ke depan menimbulkan beban lebih besar pada otot perut. Otot perut bisa melemah dan di kemudian hari dapat menyebabkan kondisi yang disebut diastasis recti, padahal kita membutuhkan otot yang tetap kuat untuk menahan organ tubuh dalam rongga perut. Lemahnya otot perut juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut hamil gantung atau pendular, dan hal ini juga akan menjadi penyulit persalinan karena bayi sulit masuk panggul.
Bagaimana mengatasinya?
1. Pertahankan sumbu tubuh tetap lurus dengan meningkatkan kesadaran akan postur. Mengenai bagaimana meluruskan sumbu tubuh, kita akan bahas di pos selanjutnya ya.

2. Salah satu faktor yang memperkuat tulang tetap tegak dan kuat adalah otot yang kuat. Otot lah yang bertanggungjawab menggerakkan rangka. Otot yang kuat akan membantu mengurangi beban yang ditanggung oleh tulang. Maka walaupun sedang hamil, tetaplah berolahraga yang memperkuat otot. Konsultasikan dengan instruktur senam hamil terlatih, gerakan apa saja yang cocok untuk tubuh ibu untuk memperkuat otot terutama yang berkontribusi menegakkan tulang belakang.
.
#pregnancyposture #posturkehamilan #sakitpinggang #prenatalexercise

Copas from Cerita Lahir

Our Gallery

Kumpulan galeri klinik ibu alam

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat mengirimkan proposal ke admin@ibualam.com atau hubungi 085866263737.
 
Waktu Pelayanan Kebidanan :
Senin - Minggu jam : 16.00 - 20.00 WIB
Pelayanan persalinan 24 jam 

Pelayanan kebidanan holistik Ibu Alam

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721