Penyakit Kuning pada Bayi




Simak yuk bunda…

Penyakit kuning bisa menyerang bayi yang baru lahir. Tanda-tanda bayi kuning yaitu kulit dan bagian putih mata si Kecil berwarna kuning. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan dapat pulih dengan sendirinya dalam hitungan hari hingga minggu. Meski begitu, kondisi ini bisa saja membahayakan si Kecil. Maka pahami perbedaan tanda-tandanya.
Tanda-tanda lain penyakit kuning pada bayi adalah urine berwarna kuning pekat padahal air seni bayi baru lahirnya harusnya tidak berwarna, tinja berwarna pucat serta telapak tangan dan kaki yang menguning.

Mengapa Bayi Kuning Bisa Terjadi?

Kondisi ini terjadi karena si Kecil memiliki kelebihan bilirubin (unsur kuning) pada darahnya. Bayi baru lahir memiliki kadar sel darah yang tinggi sehingga memicu produksi bilirubin. Bilirubin sendiri terbentuk ketika sel-sel darah merah yang tua dihancurkan.
Sebenarnya bayi telah memiliki bilirubin sejak dia berada dalam kandungan. Namun dalam kandungan, tubuh Bunda mengeluarkan bilirubin untuk bayi melalui plasenta. Setelah lahir bayi tidak bisa melakukannya karena organ hati bayi belum berkembang dengan sempurna. Hal ini menghambat proses pembuangan bilirubin yang seharusnya dikeluarkan saat buang air kecil dan besar. Kondisi ini disebut penyakit kuning fisiologis (kuning normal). Bayi Anda akan mulai menguning sekitar 24 jam setelah lahir dan akan memburuk setelah empat hari, setelah itu kembali membaik ketika berusia sekitar seminggu.
Bayi yang berisiko terkena penyakit kuning antara lain bayi yang dilahirkan prematur (lahir sebelum 37 minggu), bayi yang dilahirkan dalam kondisi memar dan bayi yang kesulitan mengonsumsi ASI.
Jika Bilirubin Terlalu Tinggi
Kadar bilirubin yang terlalu tinggi pada darah si Kecil bisa menembus ke otak, merusak sel-sel otak dan menyebabkan ensefalopati. Kondisi ini dinamakan bilirubin ensefalopati akut.

Berikut adalah gejala-gejala yang mungkin muncul:
-Demam
-Muntah
-Kemampuan
-mengisapnya buruk
-Lesu
-Sulit bangun tidur
-Leher dan tubuh melengkung ke belakang
-Kulitnya menguning
-Sering rewel dan gelisah

Jika bayi Bunda menampakkan tanda-tanda di atas, segera hubungi dokter agar si Kecil mendapat penanganan secepat mungkin dan terhindar dari kerusakan permanen pada otak atau kernicterus.

Apa yang Dapat Bunda Lakukan?

Selain penanganan medis dengan fototerapi, Bunda juga bisa mencegah kenaikan bilirubin dengan cara memberinya asupan yang cukup. Asupan tersebut bisa membantu bayi mengeluarkan bilirubin pada tubuhnya. Anda bisa menyusuinya dengan ASI sebanyak 8 hingga 12 kali dalam 24 jam. 
Bunda juga harus lebih ekstra memerhatikannya. Cek kondisi bagian putih bola mata atau kulitnya dua kali sehari untuk melihat apakah sudah kembali normal atau bertambah parah.
Penanganan bayi kuning pada prinsipnya adalah mengobati penyakit atau kondisi yang mendasarinya.

Sebagian besar kasus penyakit kuning pada bayi baru lahir tidak memerlukan perawatan khusus. Penyakit kuning ringan atau sedang yang bersifat fisiologis (tanpa penyakit yang mendasari) akan hilang biasanya setelah satu hingga dua minggu, karena tubuh bayi dapat menyingkirkan kelebihan bilirubin dengan sendirinya. Namun, segeralah hubungi dokter jika penyakit kuning pada bayi Anda tidak kunjung hilang. Terlebih jika muncul gejala lain pada bayi seperti demam, sakit, sulit menyusu, bayi tampak lemas, dan tubuhnya yang semakin kuning dan lebih gelap.

Oleh : Indah Salist
www.ibualam.com
ig : @ibualam
fb : ibualamsalatiga
admin : 081328498672

Our Gallery

Kumpulan galeri klinik ibu alam

Contact Us

Untuk memperluas jaringan, dan kerjasama dalam mengaplikasikan konsep Ibu Alam ke dalam sebuah klinik pratama / utama / RS. Ibu Alam menyediakan pendidikan dan pelatihan (education and training) oelh Ibu Alam tim bagi stake holder yang berminat. Pelayanan holistik ini mampu bersaing di era global, karena mindset costumer bukan lagi pelayanan gratis namun pelayanan yang nyaman dan humanis. Company Profile Ibu Alam akan dikirim via email jika anda berminat mengadakan kerjasama.

Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat mengirimkan proposal ke admin@ibualam.com atau hubungi 085866263737.
 
Waktu Pelayanan Kebidanan :
Senin - Minggu jam : 16.00 - 20.00 WIB
Pelayanan persalinan 24 jam 

Pelayanan kebidanan holistik Ibu Alam

Contact Info

  • Tegalsari 1/8 Mangunsari
    Sidomukti Salatiga
    Jawa Tengah 50721